Desain Rumah Sederhana

Pada artikel kali ini kami akan mengangkat tema tentang desain rumah sederhana yang barangkali dapat menjadi referensi Anda dalam menentukan desain rumah seperti apa yang Anda inginkan. Rumah yang sederhana bukan berarti rumah yang minim akan fasilitas atau hanya memiliki fungsi dasar rumah tanpa memiliki fungsi yang dapat membuat penghuninya nyaman, melainkan rumah yang simple dan sesuai kebutuhan namun tetap bisa memberikan kenyamanan kepada para penghuni di dalamnya.

Desain Rumah Sederhana

Desain rumah sederhana semancam ini seringkali menjadi solusi bagi mereka yang ingin membangun rumah di atas lahan yang terbatas ataupun budget pembangunan yang terbatas, pasalnya mereka tetap menginginkan sebuah rumah yang nyaman untuk ditinggali dan memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan. Walaupun bertema sederhana, Anda tetap bisa menambahkan mendesain, menambahkan hiasan atau ornament yang Anda inginkan di setiap sudut rumah, tentu saja dengan perhitungan yang matang akan ruang atau lahan yang tersisa agar rumah tidak terlihat sempit. Ini juga yang menjadi tantangan para arsitek atau Anda sendiri, yakni mendesain rumah sederhana yang memiliki kesan luas namun tetap sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk itu kami akan memberikan beberapa tips mengenai desain rumah sederhana yang kami jabarkan dalam poin-poin dibawah agar Anda lebih mudah membayangkan apa-apa saja yang akan Anda lakukan pada rumah impian Anda nantinya, berikut tipsnya :

Ukuran lahan.
Sebelum membangun rumah, pastinya Anda telah mengukur lahan yang Anda miliki. Pengukuran lahan untuk desain rumah sederhana ini sangat penting untuk dilakukan karena akan menentukan skala desain yang akan digambar. Dengan begini Anda bisa memprediksi dengan skala tersebut luas setiap ruangan, denah ruangan, dan sisa lahan yang bisa dipakai untuk taman atau tempat parker kendaraan pribadi Anda. Pengukuran dan pembagian lahan antara yang akan dibanguni rumah dengan yang akan dibuat taman atau lahan hijau dengan tepat, akan membuat bangungan rumah Anda efektif dalam hal penggunaan lahan.

Letak dan luas ruangan.
Peletakkan setiap ruangan yang ada di dalam rumah juga harus Anda perhatikan dengan benar. Ruangan harus diletakkan sesuai dengan fungsinya agar alur ruangan di dalam rumah dengan desain rumah sederhana terlihat mengalir. Contohnya dibagian depan terdapat ruang tamu, yang diteruskan ke ruang tengah tanpa sekat pintu. Luas setiap ruangan juga harus diperhitungkan secara matang agar fungsi ruangan tersebut bisa berjalan normal, seperti ruang tamu yang dibuat luas memiliki tujuan agar bisa memuat tamu yang jumlahnya banyak.

Desain yang simple
Kebanyakan rumah yang dibangun saat ini menggunakan desain minimalis dengan beberapa desain yang tidak diperlukan, seperti membuat tiang-tiang ornament di depan rumah berbentuk khas rumah minimalis yakni persegi/persegi panjang. Sebenarnya hal itu justru akan membuat lahan Anda berkurang sia-sia,  Anda bisa berimprovisasi dengan desain atau ornamen lain yang lebih simple tanpa mengorbankan lahan. Misalnya membuat dua tiang di teras dengan desain yang unik pada tiangnya, atau bila lahan yang Anda miliki sangat sempit Anda bisa membuat teras dengan hanya satu tiang dengan desain tiang sesuka Anda. Intinya jangan menggunakan ornamen atau hiasanya yang sebenarnya tidak berfungsi sama sekali dan hanya mengurangi lahan Anda jika rumah Anda mengadopsi desain rumah sederhana.

Pemilihan warna
Dalam desain rumah sederhana, pemilihan warna sangat penting karena jika warna yang diberikan pada rumah tersebut kontras satu sama lain maka rumah tersebut lebih terlihat hidup. Desain bagus yang Anda buat juga akan terlihat semakin bagus dengan pemilihan warna cat yang tepat. Warna cat tidak hanya pada eksterior rumah, namun juga sampai pada interiornya. Pada eksterior hendaknya memperhatikan secara keseluruhan warna mulai dari warna beton pagar, besi pagar, keramik teras, kusen dan lainnya. Pada interior juga begitu, mulai warna ruang tamu hingga dapur bila Anda dapat mengkreasikannya menjadi warna yang nyaman dan pas dipandang, maka rumah dengan desain sederhana milik Anda akan terlihat sempurna. Hanya saja untuk warna kamar tidur bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing penghuninya, karena selera anak-anak dan orang dewasa tentu saja berbeda.

Dan untuk sisa lahan dibagian depan atau bagian lainnya Anda bisa menggunakannya untuk membuat taman atau kolam ikan. Tumbuhan hijau dan gemericik air akan menambah suasana sejuk dan tenang di rumah Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan fungsi ganda dari sebuah rumah, yaitu fungsi dasar rumah itu sendiri sebagai tempat tinggal dan kenyamanan yang Anda dapatkan. Berikut juga kami sertakan beberapa contoh gambar desain rumah sederhana, semoga dapat membantu Anda dalam menentukan desain rumah yang cocok dengan selera Anda.

Gambar Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Sederhana


Gambar di atas hanya contoh dari banyak desain rumah sederhana yang ada, jika Anda menyukainya silahkan menggunakannya sebagai contoh atau Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan. Terimakasih atas kunjungannya, semoga pembahasan kali ini mengenai desain rumah sederhana bisa membantu Anda untuk menentukan desain rumah yang cocok dengan selera Anda.

Desain Rumah Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar :

Posting Komentar